Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Mar 4, 2012 in Ibu | 0 comments

Cara Melahirkan Normal vs Cara Melahirkan Caesar…

Cara Melahirkan Normal vs Cara Melahirkan Caesar…


Sekarang ini, cara melahirkan bisa dipilih, secara normal, atau operasi Caesar. Kemajuan teknologi di bidang Kedokteran memegang peranan penting disini.
Jika sekarang ibu sedang bingung dan dilema menghadapi pilihan untuk melahirkan secara normal atau Caesar, ada baiknya ibu ketahui dulu tentang plus minus dari kedua cara persalinan tersebut.

1. Persalinan Normal
Proses melahirkan normal di mana bayi dilahirkan secara alami melalui vagina.
Kelebihan Persalinan Normal
* Proses penyembuhan pasca persalinan lebih cepat daripada persalinan caesar. Ibu-ibu bisa langsung berdiri, berjalan, mengurusi bayi dan menyusuinya.
* Pada persalinan normal terjadi sekresi endorphin yang ditemukan pada plasenta dan ari-ari. Hal ini berfungsi membantu bayi menyesuaikan diri di dunia luar serta membuat proses keluar lebih menyenangkan bagi bayi
* Bayi yang dilahirkan dari persalinan normal biasanya lebih sehat. Dengan terlahir secara alami sebagaimana mestinya, mereka telah melalui masa yang diperlukan selama kehamilan.
* Bayi-bayi yang dilahirkan melalui vagina mempunyai paru-paru yang lebih kuat berkaitan dengan proses pengangkutan oksigen ke jaringan-jaringan tubuh2.
Kekurangan persalinan normal
* Terjadinya kontraksi rahim yang teratur dan sakit.
* Proses melewati pembukaan sampai siap melahirkan ini bisa menjadi proses yang panjang dan menyakitkan bagi ibu. Kondisi dan persiapan ibu sebelum persalinan sangat mendukung agar proses persalinan berjalan lancar.

2. Persalinan Lewat Operasi Caesar
Biasanya persalinan lewat operasi Caesar menjadi pilihan, karena adanya beberapa penyebab,diantaranya :
Bayi sungsang, plasenta previa, pre-eklampsia, air ketuban habis atau sudah meracuni bayi, detak jantung bayi melambat padahal bukaan ibu belum mencukupi, bayi besar, dan lainnya
Kelebihan Operasi caesar antara lain:
* Ibu melahirkan tidak merasakan sakit ketika melahirkan bayinya karena efek obat bius.
* Wanita bisa memilih tanggal kelahiran bayi sesuai dengan yang diinginkan seperti tanggal penting yang dianggap berkah bagi keluarga.
* Jalan lahir utuh sehingga organ kewanitaan sama seperti sebelum melahirkan(artinya alat organ reproduksi ibu akan normal tidak sobek atau mengalami kerusakan akibat proses perrsalinan).
* Sangat dibutuhkan untuk wanita dengan riwayat melahirkan caesar, pinggul sempit, hipertensi, persalinan lama, atau ibu tidak kuat mengejan
* Operasi cesar dilakukan dalam waktu yang singkat sehingga proses persalinan yang lama bisa dihindari, dengan operasi ini juga dapat meminimalis terjadinya kecelakaan yang biasa terjadi pada proses kelahiran normal sehingga bayi cacat bisa dihindari
Kekurangan dari operasi caisar adalah:
* Rasa sakit yang sangat pada bagian perut dan rahim akibat robekan saat operasi. Hal ini tidak dirasakan oleh ibu melahirkan secara normal.
* Kemungkinan terjadi infeksi rahim dan perdarahan yang lebih banyak daripada persalinan normal.
* Kemungkinan trauma pada organ tubuh yang lain.
* Membutuhkan masa pemulihan yang lebih lama daripada persalinan normal, bahkan efeknya masih dirasakan hingga bertahun-tahun.
* Biaya yang dikeluarkan untuk melahirkan dengan cara caesar jauh lebih besar.
* Ada bekas operasi pada perut bagian bawah.


Apapun metode persalinan yang dipilih ibu. Pastikan bahwa metode yang dipilih nyaman untuk ibu dan sehat untuk bayi.

Artikel Lain Sejenis

Artikel Ibu Lainnya

Post a Reply